Hakim Pengawas PN Madina Kunjungi Lapas Panyabungan

Hakim Pengawas PN Madina Kunjungi Lapas Panyabungan

topmetro.news – Guna melakukan pengawasan dan pengamatan kepada para narapidana dan tahanan. Hakim Pengawas Pengadilan Negeri Mandailing Natal (PN Madina) melakukan kunjungan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Panyabungan, Senin (4/10/2021).

Dan salah satu tujuan kunjungan Hakim Pengawas PN Madina ini berkunjung ke Lapas Klas IIB Panyabungan adalah untuk memastikan, apakah semua keputusan pengadilan telah terlaksana dengan sebagaimana mestinya.

Hakim Pengawas PN Madina Catur Alfath Satriya SH beserta tim kepada topmetro.news menerangkan, bahwa ketentuan mengenai pengawasan oleh Hakim Pengawas dan Pengamat ada aturannya dalam Pasal 280 Ayat (1) KUHAP. Isinya menyatakan, ‘Hakim Pengawas dan Pengamat mengadakan pengawasan guna memperoleh kepastian bahwa putusan pengadilan dilaksanakan sebagaimana mestinya’.

Dan untuk memastikan apakah para narapidana dan tahanan telah memperoleh kepastian sesuai keputusan pengadilan, Hakim Pengawas dan tim langsung bertemu dan bertanya kepada narapidana dan tahanan yang sedang menjalani putusan pengadilan tersebut.

“Selain mempertanyakan apakah narapidana dan tahanan telah menjalani hukuman sesuai dengan berkas putusan pengadilan, kita juga mempertanyakan kegiatan sehari-hari mereka guna melakukan pembinaan di lapas,” ungkap Alfath.

Lapas Panyabungan Fasilitator

Sementara itu, Kalapas Klas IIB Panyabungan kepada topmetro.news mengungkapkan, mereka dari Lapas Panyabungan hanya sebagai fasilitator untuk mempertemukan antara Hakim Pengawas dan narapidana atau tahanan.

“Kegiatan pengawasan oleh Hakim PN Madina ini untuk mengetahui, apakah narapidana dan tahanan telah menjalani hukuman sesuai dengan keputusan pengadilan. Dan bagaimana saja selama ini narapidana menjalani masa pidananya di Lapas. Dan bagaimana perlakuan petugas lapas kepada para narapidana atau tahanan,” paparnya mengakhiri.

reporter | Jeffry Barata Lubis

Related posts

Leave a Comment